Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid 2024

Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid
Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid
- Ada beberapa orang seiring kali mengalami kendala dengan pesan "Kode MMI Tidak Valid" ketika sedang menghubungi layanan operator untuk memeriksa pulsa dan kuota tapi masalah seperti ini bisa dipecahkan.

Ada sebagai pengguna ponsel lebih senang memakai kode USSD atau panggilan untuk memeriksa sisa pulsa dan kuota pasalnya cara satu ini bisa dibilang cukup praktis dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Pesan kode MMI Tidak Valid ini terkadang bisa muncul ke semua jenis ponsel dan operator namun tidak perlu cemas pasalnya ada beberapa cara termudah untuk mengatasi masalah seperti itu kalau memang ingin tahu lebih lanjut soal penyebab dan cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Kode MMI?

Kode MMI termasuk kode perintah yang terdiri dari kombinasi angka dan karakter diantara simbol * dan # seperti *123#, *888# dan ada banyak lagi lainnya sedangkan MMI sendiri merupakan singkatan dari Man Machine Interface.

Kode seperti ini digunakan untuk melakukan pengecekan pulsa, cek nomor IMEI ponsel samapi berbagai macam layanan operator lainnya tapi normalnya pada saat kode tersebut terkirim sehingga akan segera muncul pesan informasi dari pihak operator.

Walaupun sudah ada aplikasi yang bisa dipergunakan, tapi kode perintah tersebut buat mengetahui beragam informasi layanan dari operator masih menjadi cara terfavorit banyak pengguna karena kode MMI dianggap lebih praktis.

Yuk, langsung saja simak penyebab dan cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Penyebab Kode MMI Indosat Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid
Penyebab Kode MMI Indosat Tidak Valid
Kode MMI tidak valid biasanya terjadi pada saat anda memasukkan kode yang salah atau kode tidak cocok sama perangkat anda dan pada saat mengetikkan kode MMI maka akan ada pesan kode MMI tidak valid itu artinya kode tersebut tidak dikenali oleh sistem dan tidak akan menghasilkan hasil apa pun itu.

Selain itu, pesan error seperti ini biasanya akan muncul ketik pengguna ingin menggunakan kode USSD di ponsel seperti cek pulsa, cek kuota dan lain sebagainya walaupun sebetulnya penyebab masalah kode MMI tidak valid cukup beragam.

Ada berbagai macam hal yang bisa saja disebabkan masalah sambungan atau kode MMI tidak valid, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Masalah di sistem ponsel.
  • Kesalahan pengaturan jaringan.
  • Jaringan atau sinyal melemah.
  • Operator seluler sedang dalam gangguan.
Jika sudah tahu penyebab kode MMI Indosat tidak valid, maka saatnya anda harus tahu cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid
Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid
Jangan cemas disini pada saat anda menemukan pesan error seperti itu, pasalnya hal seperti sebetulnya bisa langsung diperbaiki dengan mudah dan langsung saja simak langkah-langkah cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP

Alternatif opsi pertama cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid yaitu dengan cara menekan dan tahan tombol power di HP lalu anda pilih opsi Restart atau Reboot.

Jika sudah perangkat kembali di aktifkan, maka anda bisa mencoba kembali lagi kode USSD yang mau dioperasikan karena cara satu ini bertujuan untuk menormalkan kembali sistem yang ada di perangkat sebelumnya mungkin tidak sesuai.

2. Melakukan Pengecekan Kode USSD

Masalah kode MMI Indosat tidak valid sangatlah memungkin terjadinya disebabkan oleh anda yang salah memasukkan kode USSD, jadi pastikan terlebih dahulu kode USSD yang anda masukkan sudah benar entah itu dari segi simbol ataupun nomor tujuan.

3. Mode Pesawat

Silahkan anda buka pengaturan perangkat dan ganti Mode Pesawat ke "Aktif", kemudian anda tinggal menunggu ya sekitar 10-30 detik setelah itu langsung saja ganti Mode Pesawat ke Off karena kode MMI ini bisa saja terjadi disebabkan oleh sinyal melemah dan cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid dengan mengatur kembali koneksi dan memperbaiki kesalahan.

4. Atur Kembali Jaringan

Bahkan anda bisa mengatur kembali jaringan seluler yang ada di ponselmu untuk memperbaiki masalah sambungan atau kode MMI tidak valid, cara untuk bisa mengakses jaringan sangatlah berbeda di tiap HP namun konsepnya masih sama dan langsung saja simak diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka Pengaturan SIM Card & Mobile Network.
  • Nanti jika sudah selesai, silahkan anda pilih SIM 1 atau SIM 2.
  • Lalu anda lanjutkan dengan memilih opsi Network Operators.
  • Kemudian klik Search Networks.
  • Jika sudah, maka anda langsung saja pilih opsi Operator seluler yang digunakan misalnya Indosat.
  • Selesai. Sekarang anda bisa mencoba kembali kode USSD yang mau dioperasikan.

5. Clear Cache Ponsel

Perlu anda membuka aplikasi telepon untuk melakukan pengiriman kode dial pengecek ponsel, kuota dan informasi lain sebagainya hanya dengan menghapus cache di HP bisa menjadi salah satu solusi lebih lagi pada saat data sampah memang sudah menumpuk dan langsung saja simak langkah-langkah diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan buka pengaturan, nanti anda pilih opsi Pengaturan Aplikasi.
  • Jika sudah, maka anda cari dan pilih aplikasi Telepon atau Phone.
  • Terakhir, silahkan klik tombol Hapus Cache.

6. Disable-Enable SIM Card

Bukan hanya sekedar mengaktifkan kembali atau restart HP, anda juga bisa mencoba melakukan restart SIM Card yang dipakai buat mengatasi masalah sambungan seperti ini dan langsung saja ikuti langkah-langkah diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan buka Pengaturan, jika sudah maka anda pilih pengaturan SIM Card atau Jaringan Seluler.
  • Disana anda pilih SIM Card yang memang bermasalah entah itu SIM 1 atau SIM 2.
  • Tinggal hapus centang SIM Card atau bisa klik tombol Turn On untuk menonaktifkan.
  • Jika sudah, tinggal menunggu sekitar 1 menit.
  • Terakhir, silahkan anda klik centang atau tombol Turn On buat aktifkan SIM Card kembali.

7. Ganti Jaringan ke 3G

Masalah terjadinya kode MMI Indosat tidak valid, biasanya paling sering kali muncul di HP dengan koneksi 4G atau LTE jadi pastikan anda mencoba mengubahnya ke dalam mode 3G di pengaturan perangkat HP diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan buka pengaturan.
  • Jika sudah maka anda bisa langsung membuka pengaturan Koneksi atau Jaringan Seluler.
  • Terakhir, tinggal ubah tipe jaringan menjadi 3G.

8. Ganti Kode Awalan

Cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid selanjutnya yaitu anda bisa menambahkan karakter spesial tertentu, biasanya dalam hal seperti ini karakter spesial yang bisa disisipkan yaitu tanda plus (+) atau tanda koma (,).

Silahkan anda tambahkan tanda plus di awal kode awalan USSD buat memaksa operasi, supaya mengeksekusi dan mengabaikan kesalahan apa pun sedangkan kalau menambahkan tanda koma sisipkan di akhir kode USSD misalnya saja kode *888# menjadi *+888# atau *123# menjadi *123,#.

Jika anda masih bingung, bagaimana memunculkan simbol plus anda bisa menekan dan tombol angka nol (0) selama beberapa detik atau tekan dan tahan tombol bintang (*) beberapa detik untuk memunculkan koma.

9. Safe Mode

Sama halnya dengan sistem operasi PC seperti Windows, tiap ponselnya umumnya juga sudah dilengkapi dengan safe mode silahkan anda manfaatkan mode ini buat mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda tekan dan tahan tombol Power yang ada di HP.
  • Jika sudah selesai melakukannya, maka anda tinggal menekan dan tahan opsi Power Off.
  • Disana anda tinggal menunggu hingga muncul pop-up safe mode.
  • Lakukan konfirmasi dengan cara menekan OK.
  • Operasikan kode USSD-nya.

10. Tunggu Jaringan Normal

Alternatif cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid selanjutnya yaitu anda tunggu jaringan operator sampai benar-benar digunakan kembali dengan normal.

Ada salah satu penyebab kemunculan pesan error yaitu adanya gangguan dari operator seluler, silahkan tunggu maksimal selama 24 jam kalau setelah 24 jam masih belum saja bisa langsung hubungi Customer Service seluler yang dipakai buat menindaklanjuti masalah seperti itu.

11. Aktifkan Radio dan SMS Melalui IMS

Pada tahap terakhir cara mengatasi kode MMI Indosat tidak valid yaitu mengaktifkan radio dan SMS melalui IMS, untuk langkah-langkahnya silahkan simak diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka menu telepon.
  • Jika sudah, silahkan ketik *#*#4636#*#* tanpa harus menekan tombol kirim maka secara otomatis akan muncul mode Service.
  • Lalu anda masuk ke dalam mode Layanan > Informasi Perangkat atau Informasi Telepon.
  • Tinggal pilih opsi Jalankan Tes Ping.
  • Silahkan klik tombol Turn Radio Off dan Turn On SMS over IMS.
  • Terakhir, silahkan anda pilih Restart.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Kode MMI Indosat Tidak Valid yang sudah kami bagikan untuk mengatasi masalah seperti itu.

Kalau diperhatikan semua cara yang kami sampaikan di atas bisa dilakukan dengan mudah, jadi tidak perlu lagi untuk menggunakan jasa profesional atau penanganan serius.

Masalah kode MMI tidak muncul saja saja terjadi di semua jenis ponsel dan operator, namun tidak perlu cemas karena hal yang paling pertama harus anda lakukan yaitu cek lebih dahulu apakah kombinasi kode USSD sudah benar. Sekian dan selamat mencoba.